Entah mengapa, saya selalu menempatkan diri saya di posisi " Orang Yang Gak Tau Apa2, Gaptek" dan hal pesimis lain. tapi sesungguhnya, itulah yang ada difikiran saya, sampai saat ini.

pernah saya baca suatu artikel yang intinya "Jangan Menganggap Rendah Diri Anda". artikel itu sedikit membuka mata saya, bahwa ada banyak orang diluar sana yang tidak memiliki pengetahuan sebanyak yang saya tau.

Hobi Surfing di dunia maya sudah saya mulai sejak saya duduk dibangku kuliah tingkat2 akhir kira2 th 1998. dari hanya bisa browsing yang gak jelas, chatting yang juga gak jelas, atau sekedar membaca2 info yang ada di dalamnya, tanpa tau arah dan tujuan.

tahun 2003, kembali saya dikenalkan dengan dunia internet, lebih canggih dengan modem HP, bisa chatting dengan micro n speaker, kenal YM, dan kenal lebih banyak lagi situs2 yang terus terang "NEGATIF" saya terlena dengan kesenangan semu saat itu. berkomunikasi dengan orang2 di luaran yang gak jelas menjadikan saya addicted dengan YM, hingga akhirnya harus berakhir, seiring dengan kondisi ekonomi yang menurun di tahun 2004.

tahun 2006, ketika bertugas di Aceh, saya membuang kejenuhan sesaat dengan sering surfing di Warnet dekat dengan lokasi tempat tinggal saya. saat itu, tujuan surfing saya lebih terarah, karena saya sedang hamil anak pertama saya. browsing tentang segala hal berkaitan dengan bayi, mulai dari nama2 bayi, kesehatan kehamilan, membesarkan anak, dan hal2 lain. di tahun inilah saya mengenal dunia blog.

tertarik rasanya mengetahui isi dapur dari para pembuat blog, bagaimana mereka bisa mempercantik sebuah website pribadi seperti itu. dan mulailah saya mencari2 tahu tentang cara membuat blog. tentunya yang tidak berbayar. Saya sangat tertarik.. pencet sana, pencet sini, copas sana, copas sini, tidak jelas arah, mau dibawa kemana arah isi blog yang saya buat.

saya pun tertarik dengan e-book2 yang dijual dengan harga murah, dengan harapan mendapat info lebih banyak lagi tentang blog, meskipun pada akhirnya, saya menyesal telah membeli e-book2 tersebut, karena sebetulnya saya bisa dapatkan info2 itu secara gratis.

tahun 2008, ketika saya bertugas di medan dan kembali ke rutinitas kantor yang lebih baik dari Aceh, karena di kantor ini ada fasilitas internet. kembali saya ke kegemaran saya surfing. kali ini saya lebih tertarik untuk membrowsing cara mendapatkan penghasilan dari internet. rasanya segala info dan tawaran bisnis online, pernah saya coba, mulai dari yang gratisan, berbayar, dan lain2.  sayapun diajarkan cara berjualan dengan blog. saat itu, isi blog saya melulu tentang bisnis, bisnis, bisnis dengan harapan muluk mendapatkan hasil sesegera mungkin. tapi hasilnya nonsense.

dari puluhan bisnis online yang saya jalani, akhirnya saya pilih salah satu diantaranya. bukan karena saya yakin bahwa bisnis ini adalah bisnis terbaik yang pernah ada, tapi karena saya menemukan sisi lain dari bergabungnya saya di bisnis ini. semakin saya pelajari, semakin matang pemikiran saya dalam membuat blog. dari bisnis ini. saya tidak akan menyesal, meskipun bila dikemudian hari, rintisan bisnis saya ini tidak menghasilkan rupiah bagi saya. bisnis ini mengajarkan banyak hal... tapi tentunya bagi mereka yang mau membaca dan menerapkannya..

di blog www.mothersproject.weebly.com ini, saya adalah saya. saya menjadi diri sendiri, tanpa embel2 titipan iklan yang tidak saya inginkan. tidak melulu soal bisnis, tapi ini tentang saya. tentang betapa saya menikmati hidup saya dan pengetahuan saya tentang dunia online, karena ternyata di luar sana, banyak yang tidak seberuntung saya dalam mendapatkan informasi2 meskipun mereka mempunyai cukup fasilitas untuk itu...

andai saja mereka mau membaca....




Leave a Reply.